About




Penerapan 5 Aspek Bisnis Online Pada Aplikasi BUKALAPAK.

Latar Belakang
Perkembangan bisnis secara online di Indonesia sekarang sangat pesat, salah satunya dengan melakukan belanja secara online. Belanja online atau e-commerce merupakan salah satu cara berbelanja melalui alat komunikasi elektronik atau jejaring sosial yang digunakan dalam transaksi jual beli, di mana pembeli tidak perlu susah payah datang ke toko untuk melihat dan membeli apa yang mereka cari, hanya tinggal melihat barang yang diinginkan melalui internet kemudian memesan barang sesuai pilihan dan mentransfer uangnya dan kemudian barang tersebut akan dikirim oleh toko online tersebut kerumah (Nusarika dan Purnami, 2015).
Toko online atau sering kita sebut e-commerce merupakan bentuk perubahan yang di sajikan oleh internet dari segi inovasi dalam berbelanja dengan memberikan berbagai kemudahan dalam proses transaksinya. Gaya hidup masyarakat yang ikut berubah karena pengaruh dari perkembangan teknologi tersebut, salah satu yang paling mencolok adalah gadget dengan kecenderungan beraktivitas di dunia maya seperti berbelanja secara online atau lebih sering disebut dengan belanja online (Setiowati et al., 2012).
Belanja secara online atau sering disebut dengan e-commerce memiliki beberapa keunggulan yang dapat dirasakan bagi penggunanya seperti tidak perlu keluar rumah ataupun pergi ketempat belanja, yang dibutuhkan hanyalah memesan barang tersebut kemudian barang tersebut akan diantarkan kerumah. Kedua keunggulan yang dirasakan adalah hemat waktu dalam membeli dan hemat bahan bakar untuk berputar-putar dalam hal berbelanja, kita juga dapat mengontrol harga atau membandingkan harga dari beberapa tempat online shop. Ketiga online shop atau e-commerce selalu buka dalam waktu 24 jam, hal inilah yang menguntungkan kita dalam menentukan waktu kapan kita akan belakukan aktivitas online shop. salah satu contoh aplikasi e-commerce adalah Bukalapak.

 
                                                              Gambar 1.0 Bukalapak

APA ITU BUKALAPAK :

Bukalapak merupakan salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia yang menyediakan sarana jual–beli dari konsumen ke konsumen. Semua orang dapat membuka toko online di Bukalapak dan melayani pembeli dari seluruh Indonesia untuk transaksi satuan maupun banyak. Bukalapak memiliki slogan jual-beli online mudah dan terpercaya karena Bukalapak memberikan jaminan 100% uang kembali kepada pembeli jika barang tidak dikirimkan oleh pelapak.

Analisis dan Pembahasan

 
Dari prinsip bisnis yang telah dijelaskan sebelumnya, maka akan dilakukan analisis bisnis online yang ada pada aplikasi BUKALAPAK terhadap 5 aspek sebagai berikut:

 1.Efisien (Biaya)
  Bagaimana biaya yang ditawarkan oleh aplikasi BUKALAPAK dalam menjangkau konsumen di tengah persaingan pasar saat ini?

2. Efektifitas (waktu)

Bagaimana pengaruh Aplikasi BUKALAPAK terhadap kemudahan konsumen dalam melakukan pemesanan/pembelian barang dengan perkembangan teknologi saat ini?

3. Wilayah (jaringan)
Bagaimana akses yang disediakan oleh provider pada aplikasi BUKALAPAK untuk memenuhi kebutuhan pengguna di seluruh penjuru tanah air?

4. Struktur
Bagaimana bentuk dari struktur jaringan dari aplikasi BUKALAPAK?

5. Peluang (Pasar)
Bagaimana cara BUKALAPAK melihat pasar masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan Konsumen?

Kelima aspek tersebut akan menjadi parameter dalam melihat peran aplikasi BUKALAPAK dalam menjalankan bisnis di Indonsia. Hasil yang didapat adalah sebagai berikut:

1. Efisien
Biaya yang di berikan BUKALAPAK terhadap seluruh konsumen penduduk indonesia harganya sangat terjangkau bagi kalangan manapun baik menengah maupun yang mampu karena dengan aplikasi BUKALAPAK kita bisa memilih harga yang paling rendah mau pun yang paling mahal, sehinggap para konsumen mampu membeli barang apapun di BUKALAPAK.

2. Efektifitas 
Aplikasi BUKALAPAK sangat mudah dan tidak ribet dan tidak perlu panas-panasan (keluar rumah) dan sangat menghemat waktu hanya perlu menunggu dirumah dengan cara buka aplikasi BUKALAPAK melalui mobile ataupun mengujungi website BUKALAPAK melalui (pc).

3. Wilayah
Aplikasi BUKALAPAK dapat diakses menggunakan internet artinya selama konsumen penduduk bangsa indonesia berada pada jaringan internet atau menggunakan kuota data , maka dimanapun konsumen dapat mengakses aplikasi BUKALAPAK baik melalui website ataupun aplikasi mobile. Apabila konsumen sudah terhubung ke jaringan, maka konsumen dapat melakukan transaksi pembelian

4. Struktur
Dalam bagian ini akan digambarkan struktur Algoritma dari sebuah alur proses Pembelian menggunakan aplikasi BUKALAPAK. 

 Gambar 1.1 Algoritma BUKALAPAK

5. Peluang
Peluang yang di berikan aplikasi tokopedia cukup baik dan barang apa saja yang dibutuh kan konsumen penduduk indonesia. sehingga pembelian apapun yang kita cari ada selama yang di cari kebutuhan melalu search engine sesuai . dan bakal memunculkan barang tersebut yang kita cari

Kesimpulan

Perkembangan bisnis secara online di Indonesia sekarang sangat pesat, salah satunya dengan melakukan belanja secara online. BUKALAPAK salah satu usaha bisnis online yang memanfaatkan perkembangan teknologi dengan membuat konsumen lebih mudah dalam melakukan pembelian dimana pun selama konsumen memiliki jaringan internet yang memadai. BUKALAPAK merupakan salah satu upaya pengelola untuk mengurangi kegiatan membuang buang waktu sehingga dengan adanya aplikasi BUKALAPAK dapat menggunakan waktu untuk keperluan lain.

Referensi:

http://anggasapputra.blogspot.com/2018/03/deskriptif-dan-flowchart-pembelian.html

https://www.bukalapak.com/

http://eprints.ums.ac.id/53145/3/BAB%20I.pdf

Bisnis Online Pada Aplikasi Bukalapak




Penerapan 5 Aspek Bisnis Online Pada Aplikasi BUKALAPAK.

Latar Belakang
Perkembangan bisnis secara online di Indonesia sekarang sangat pesat, salah satunya dengan melakukan belanja secara online. Belanja online atau e-commerce merupakan salah satu cara berbelanja melalui alat komunikasi elektronik atau jejaring sosial yang digunakan dalam transaksi jual beli, di mana pembeli tidak perlu susah payah datang ke toko untuk melihat dan membeli apa yang mereka cari, hanya tinggal melihat barang yang diinginkan melalui internet kemudian memesan barang sesuai pilihan dan mentransfer uangnya dan kemudian barang tersebut akan dikirim oleh toko online tersebut kerumah (Nusarika dan Purnami, 2015).
Toko online atau sering kita sebut e-commerce merupakan bentuk perubahan yang di sajikan oleh internet dari segi inovasi dalam berbelanja dengan memberikan berbagai kemudahan dalam proses transaksinya. Gaya hidup masyarakat yang ikut berubah karena pengaruh dari perkembangan teknologi tersebut, salah satu yang paling mencolok adalah gadget dengan kecenderungan beraktivitas di dunia maya seperti berbelanja secara online atau lebih sering disebut dengan belanja online (Setiowati et al., 2012).
Belanja secara online atau sering disebut dengan e-commerce memiliki beberapa keunggulan yang dapat dirasakan bagi penggunanya seperti tidak perlu keluar rumah ataupun pergi ketempat belanja, yang dibutuhkan hanyalah memesan barang tersebut kemudian barang tersebut akan diantarkan kerumah. Kedua keunggulan yang dirasakan adalah hemat waktu dalam membeli dan hemat bahan bakar untuk berputar-putar dalam hal berbelanja, kita juga dapat mengontrol harga atau membandingkan harga dari beberapa tempat online shop. Ketiga online shop atau e-commerce selalu buka dalam waktu 24 jam, hal inilah yang menguntungkan kita dalam menentukan waktu kapan kita akan belakukan aktivitas online shop. salah satu contoh aplikasi e-commerce adalah Bukalapak.

 
                                                              Gambar 1.0 Bukalapak

APA ITU BUKALAPAK :

Bukalapak merupakan salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia yang menyediakan sarana jual–beli dari konsumen ke konsumen. Semua orang dapat membuka toko online di Bukalapak dan melayani pembeli dari seluruh Indonesia untuk transaksi satuan maupun banyak. Bukalapak memiliki slogan jual-beli online mudah dan terpercaya karena Bukalapak memberikan jaminan 100% uang kembali kepada pembeli jika barang tidak dikirimkan oleh pelapak.

Analisis dan Pembahasan

 
Dari prinsip bisnis yang telah dijelaskan sebelumnya, maka akan dilakukan analisis bisnis online yang ada pada aplikasi BUKALAPAK terhadap 5 aspek sebagai berikut:

 1.Efisien (Biaya)
  Bagaimana biaya yang ditawarkan oleh aplikasi BUKALAPAK dalam menjangkau konsumen di tengah persaingan pasar saat ini?

2. Efektifitas (waktu)

Bagaimana pengaruh Aplikasi BUKALAPAK terhadap kemudahan konsumen dalam melakukan pemesanan/pembelian barang dengan perkembangan teknologi saat ini?

3. Wilayah (jaringan)
Bagaimana akses yang disediakan oleh provider pada aplikasi BUKALAPAK untuk memenuhi kebutuhan pengguna di seluruh penjuru tanah air?

4. Struktur
Bagaimana bentuk dari struktur jaringan dari aplikasi BUKALAPAK?

5. Peluang (Pasar)
Bagaimana cara BUKALAPAK melihat pasar masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan Konsumen?

Kelima aspek tersebut akan menjadi parameter dalam melihat peran aplikasi BUKALAPAK dalam menjalankan bisnis di Indonsia. Hasil yang didapat adalah sebagai berikut:

1. Efisien
Biaya yang di berikan BUKALAPAK terhadap seluruh konsumen penduduk indonesia harganya sangat terjangkau bagi kalangan manapun baik menengah maupun yang mampu karena dengan aplikasi BUKALAPAK kita bisa memilih harga yang paling rendah mau pun yang paling mahal, sehinggap para konsumen mampu membeli barang apapun di BUKALAPAK.

2. Efektifitas 
Aplikasi BUKALAPAK sangat mudah dan tidak ribet dan tidak perlu panas-panasan (keluar rumah) dan sangat menghemat waktu hanya perlu menunggu dirumah dengan cara buka aplikasi BUKALAPAK melalui mobile ataupun mengujungi website BUKALAPAK melalui (pc).

3. Wilayah
Aplikasi BUKALAPAK dapat diakses menggunakan internet artinya selama konsumen penduduk bangsa indonesia berada pada jaringan internet atau menggunakan kuota data , maka dimanapun konsumen dapat mengakses aplikasi BUKALAPAK baik melalui website ataupun aplikasi mobile. Apabila konsumen sudah terhubung ke jaringan, maka konsumen dapat melakukan transaksi pembelian

4. Struktur
Dalam bagian ini akan digambarkan struktur Algoritma dari sebuah alur proses Pembelian menggunakan aplikasi BUKALAPAK. 

 Gambar 1.1 Algoritma BUKALAPAK

5. Peluang
Peluang yang di berikan aplikasi tokopedia cukup baik dan barang apa saja yang dibutuh kan konsumen penduduk indonesia. sehingga pembelian apapun yang kita cari ada selama yang di cari kebutuhan melalu search engine sesuai . dan bakal memunculkan barang tersebut yang kita cari

Kesimpulan

Perkembangan bisnis secara online di Indonesia sekarang sangat pesat, salah satunya dengan melakukan belanja secara online. BUKALAPAK salah satu usaha bisnis online yang memanfaatkan perkembangan teknologi dengan membuat konsumen lebih mudah dalam melakukan pembelian dimana pun selama konsumen memiliki jaringan internet yang memadai. BUKALAPAK merupakan salah satu upaya pengelola untuk mengurangi kegiatan membuang buang waktu sehingga dengan adanya aplikasi BUKALAPAK dapat menggunakan waktu untuk keperluan lain.

Referensi:

http://anggasapputra.blogspot.com/2018/03/deskriptif-dan-flowchart-pembelian.html

https://www.bukalapak.com/

http://eprints.ums.ac.id/53145/3/BAB%20I.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar