Latar Belakang
Perkembangan bisnis secara online
di Indonesia sekarang sangat pesat, salah satunya dengan melakukan belanja
secara online. Belanja online atau e-commerce merupakan
salah satu cara berbelanja melalui alat komunikasi elektronik atau jejaring
sosial yang digunakan dalam transaksi jual beli, di mana pembeli tidak perlu
susah payah datang ke toko untuk melihat dan membeli apa yang mereka cari,
hanya tinggal melihat barang yang diinginkan melalui internet kemudian memesan
barang sesuai pilihan dan mentransfer uangnya dan kemudian barang
tersebut akan dikirim oleh toko online tersebut kerumah (Nusarika dan
Purnami, 2015).
Toko online atau sering
kita sebut e-commerce merupakan bentuk perubahan yang di sajikan oleh
internet dari segi inovasi dalam berbelanja dengan memberikan berbagai
kemudahan dalam proses transaksinya. Gaya hidup masyarakat yang ikut berubah
karena pengaruh dari perkembangan teknologi tersebut, salah satu yang paling
mencolok adalah gadget dengan kecenderungan beraktivitas di dunia maya
seperti berbelanja secara online atau lebih sering disebut dengan
belanja online (Setiowati et al., 2012).
Belanja secara online atau
sering disebut dengan e-commerce memiliki beberapa keunggulan yang dapat
dirasakan bagi penggunanya seperti tidak perlu keluar rumah ataupun pergi
ketempat belanja, yang dibutuhkan hanyalah memesan barang tersebut kemudian
barang tersebut akan diantarkan kerumah. Kedua keunggulan yang dirasakan adalah
hemat waktu dalam membeli dan hemat bahan bakar untuk berputar-putar dalam hal
berbelanja, kita juga dapat mengontrol harga atau membandingkan harga dari
beberapa tempat online shop. Ketiga online shop atau e-commerce
selalu buka dalam waktu 24 jam, hal inilah yang menguntungkan kita dalam
menentukan waktu kapan kita akan belakukan aktivitas online shop. salah satu contoh aplikasi e-commerce adalah Bukalapak.
APA ITU BUKALAPAK :
Bukalapak merupakan salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia yang menyediakan sarana jual–beli dari konsumen ke konsumen. Semua orang dapat membuka toko online di Bukalapak dan melayani pembeli dari seluruh Indonesia untuk transaksi satuan maupun banyak. Bukalapak memiliki slogan jual-beli online mudah dan terpercaya karena Bukalapak memberikan jaminan 100% uang kembali kepada pembeli jika barang tidak dikirimkan oleh pelapak.Analisis dan Pembahasan
Dari
prinsip bisnis yang telah dijelaskan sebelumnya, maka akan dilakukan analisis
bisnis online yang ada pada aplikasi BUKALAPAK terhadap 5 aspek sebagai
berikut:
1.Efisien (Biaya)
Bagaimana biaya yang ditawarkan oleh
aplikasi BUKALAPAK dalam menjangkau konsumen di tengah persaingan pasar saat
ini?
2. Efektifitas (waktu)
Bagaimana
pengaruh Aplikasi BUKALAPAK terhadap kemudahan konsumen dalam melakukan
pemesanan/pembelian barang dengan perkembangan teknologi saat ini?
3. Wilayah (jaringan)
Bagaimana
akses yang disediakan oleh provider pada aplikasi BUKALAPAK untuk memenuhi
kebutuhan pengguna di seluruh penjuru tanah air?
4.
Struktur
Bagaimana
bentuk dari struktur jaringan dari aplikasi BUKALAPAK?
5. Peluang (Pasar)
Bagaimana cara BUKALAPAK melihat pasar masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan Konsumen?
Kelima aspek
tersebut akan menjadi parameter dalam melihat peran aplikasi BUKALAPAK dalam menjalankan
bisnis di Indonsia. Hasil yang didapat adalah sebagai berikut:
1. Efisien
Biaya yang di berikan BUKALAPAK terhadap seluruh konsumen penduduk indonesia
harganya sangat terjangkau bagi kalangan manapun baik menengah maupun
yang mampu karena dengan aplikasi BUKALAPAK kita bisa memilih harga yang
paling rendah mau pun yang paling mahal, sehinggap para konsumen mampu
membeli barang apapun di BUKALAPAK.
2. Efektifitas
Aplikasi BUKALAPAK sangat mudah dan tidak ribet dan tidak perlu panas-panasan
(keluar rumah) dan sangat menghemat waktu hanya perlu menunggu dirumah
dengan cara buka aplikasi BUKALAPAK melalui mobile ataupun mengujungi
website BUKALAPAK melalui (pc).
3. Wilayah
Aplikasi BUKALAPAK dapat diakses menggunakan internet artinya selama
konsumen penduduk bangsa indonesia berada pada jaringan internet atau menggunakan kuota data , maka
dimanapun konsumen dapat mengakses aplikasi BUKALAPAK baik melalui website
ataupun aplikasi mobile. Apabila konsumen sudah terhubung ke
jaringan, maka konsumen dapat melakukan transaksi pembelian
4. Struktur
Dalam bagian ini akan digambarkan struktur Algoritma dari sebuah alur proses Pembelian menggunakan aplikasi BUKALAPAK.
4. Struktur
Dalam bagian ini akan digambarkan struktur Algoritma dari sebuah alur proses Pembelian menggunakan aplikasi BUKALAPAK.
5. Peluang
Peluang yang di berikan aplikasi tokopedia cukup baik dan barang apa saja yang dibutuh kan konsumen penduduk indonesia. sehingga pembelian apapun yang kita cari ada selama yang di cari kebutuhan melalu search engine sesuai . dan bakal memunculkan barang tersebut yang kita cari
Kesimpulan
Perkembangan bisnis secara online
di Indonesia sekarang sangat pesat, salah satunya dengan melakukan belanja
secara online. BUKALAPAK salah satu usaha bisnis
online yang memanfaatkan perkembangan teknologi dengan
membuat konsumen lebih mudah dalam melakukan pembelian dimana pun
selama konsumen memiliki jaringan internet yang memadai. BUKALAPAK
merupakan salah satu upaya pengelola untuk mengurangi kegiatan membuang
buang waktu sehingga dengan adanya aplikasi BUKALAPAK dapat menggunakan
waktu untuk keperluan lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar