BAB
1
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Pada
era globalisasi seperti sekarang ini kemajuan teknologi berkembang sangat pesat dan membantu manusia
berinteraksi satu sama lain tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Kemudahan yang
diberikan oleh teknologi mencakup berbagai aspek kehidupan, mulai dari bisnis
hingga pendidikan. Teknologi sangat berperan penting dalam membantu setiap
kebutuhan manusia salah satunya yaitu
komputer.
Scratch
merupakan bahasa pemrograman yang didesain untuk memperkenalkan konsep pemrograman komputer secara sederhana
sehingga dapat dipahami oleh siapapun dari berbagai latar belakang. Scratch
menampilkan antar muka yang sangat sederhana dan mudah digunakan. Konsep
pemrograman scratch divisualisasikan dalam bentuk blok-blok program seperti
memasang sebuah puzzle. Scratch dapat digunakan untuk membuat aplikasi,
animasi, dan games. Selain itu, Scratch juga memudahkan siswa memahami konsep
logika matematika dan komputer.
1.2 Rumusan Masalah
1.Apa
itu Scratch ?
2.Apa
saja script yang ada di dalam Scratch ?
1.3.
Tujuan
Supaya penulis mengerti
penggunaan pada Software Scrath dan mengetahui kompone-komponenya.
1.4.
Sistematika Penulisan
BAB 1 : Berisi
Tentang pendahuluan, yang terdiri dari Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan, dan Sistematika
Penulis.
BAB II : Berisi
Tinjauan Pustaka
BAB III : Bab ini berisi kesimpulan dan saran
BAB
II
TEORI
2.1.
Scratch
SCRATCH adalah
aplikasi untuk membuat program animasi dengan menggunakan bahasa code yang
sederhana, interaktif dan mudah dipahami. Aplikasi ini dirancang untuk usia
8-13 tahun. Scratch dikembangkan oleh MIT Media Lab dari Massachusetts Institute of Technology (MIT).
Dengan scracth, pemakai bisa membuat program sendiri dengan bantuan aplikasi
scratch yang interaktif dan visual.
Contoh Animasi
dengan menggunakan Scratch
·
Animasi Nama yang bergerak,
·
Animasi Virtual Pet,
·
Animasi People Dancing,
·
Animasi Kartu.
2.1.1.
Komponen
Pada gambar toolbar berikut terdapat beberapa
menu atau pilihan seperti Language, File, Edit, Tips, About, Duplicate, Delete,
Grow, Shrink dan Block Help berikut penjelasan dan fungsi menu toolbar
tersebut.
Kelompok toolbar berikut terdiri dari 10 menu
yaitu :
1) Languange atau Bahasa, berfungsi untuk
mengubah bahasa
2)
File
3)
Edit
4)
Tips
5)
About
6)
Duplicate, berfungsi untuk menggandakan objek dalam kolom sprite
7)
Delete, berfungsi untuk menghapus suatu objek dalam kolom sprite
8)
Grow, berfungsi untuk memperbesar suatu objek dalam kolom sprite
9)
Shrink, berfungsi untuk memperkecil suatu objek dalam kolom sprite
10)
Block Help, berfungsi sebagai tips dalam membuat suatu objek dalam kolom
sprite
Blocks Palette adalah Blok
untuk memprogram sprite. Blocks Palette Scripts adalah
Blok yang berisi fungsi atau kode perintah untuk memprogram suatu sprite. Script pada
program Scratchdivisualisasikan dalam bentuk blok-blok program
seperti memasang sebuah puzzle.
Stage
adalah Tempat untuk melihat cerita, animasi, atau game yang telah dibuat.
Stage terdiri dari dari beberapa komponen berikut :
1) Sprite,
di bagian kanan bawah itu ada sprite 1. Sprite bisa diperbanyak lagi dan di
edit sesuai kebutuhan.
2) Stage
Backdrop atau Background, merupakan latar
belakang agar games ataupun film animasi yang kita buat bisa lebih menarik.
3) Green Flag, Untuk
Menjalankan script dari cerita yang telah dibuat
4) Stop Sign, Untuk
menghentikan semua script dari sebuah cerita
5) View Mode, Untuk mengubah stage menjadi besar
atau kecil
6) New Sprite
Button, Membuat sebuah karakter baru atau
objek untuk project kita.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Scratch merupakan salah satu bahasa pemrograman
yang didesain untuk memperkenalkan bahasa pemrograman yang sangat sederhana.
Oleh karena itu scratch ini sering digunakan oleh orang-orang yang baru
tahu bahasa pemrograman.
Saran
Penulis berharap agar
pengguna scarth dapat mempelajari makalah ini dengan sebaik-baiknya, karena
pelajaran ini dibutuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari dan menambah ilmu
pengetahuan.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar