About


TUGAS KE 2 ANIMASI PADA SCRATCH


BAB 1
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang

Pada era globalisasi seperti sekarang ini kemajuan teknologi  berkembang sangat pesat dan membantu manusia berinteraksi satu sama lain tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Kemudahan yang diberikan oleh teknologi mencakup berbagai aspek kehidupan, mulai dari bisnis hingga pendidikan. Teknologi sangat berperan penting dalam membantu setiap kebutuhan manusia  salah satunya yaitu komputer.
Scratch merupakan bahasa pemrograman yang didesain untuk memperkenalkan   konsep pemrograman komputer secara sederhana sehingga dapat dipahami oleh siapapun dari berbagai latar belakang. Scratch menampilkan antar muka yang sangat sederhana dan mudah digunakan. Konsep pemrograman scratch divisualisasikan dalam bentuk blok-blok program seperti memasang sebuah puzzle. Scratch dapat digunakan untuk membuat aplikasi, animasi, dan games. Selain itu, Scratch juga memudahkan siswa memahami konsep logika matematika dan komputer.

1.2   Rumusan Masalah

1.Apa itu Scratch ?
2.Apa saja script yang ada di dalam Scratch ?



1.3. Tujuan
Supaya penulis mengerti penggunaan pada Software Scrath dan mengetahui kompone-komponenya.

1.4. Sistematika Penulisan

BAB 1  :    Berisi Tentang pendahuluan, yang terdiri dari Latar Belakang,      Rumusan Masalah, Tujuan, dan Sistematika Penulis.

BAB II  :   Berisi Tinjauan Pustaka

BAB III :   Bab ini berisi kesimpulan dan saran


BAB II
TEORI

2.1. Scratch

SCRATCH adalah aplikasi untuk membuat program animasi dengan menggunakan bahasa code yang sederhana, interaktif dan mudah dipahami. Aplikasi ini dirancang untuk usia 8-13 tahun. Scratch dikembangkan oleh MIT Media Lab dari  Massachusetts Institute of Technology (MIT). Dengan scracth, pemakai bisa membuat program sendiri dengan bantuan aplikasi scratch yang interaktif dan visual.
Contoh Animasi dengan menggunakan Scratch
·       Animasi Nama yang bergerak,
·       Animasi  Virtual Pet,
·       Animasi People Dancing,
·       Animasi Kartu.

2.1.1. Komponen

]
Pada gambar toolbar berikut terdapat beberapa menu atau pilihan seperti Language, File, Edit, Tips, About, Duplicate, Delete, Grow, Shrink dan Block Help berikut penjelasan dan fungsi menu toolbar tersebut.
Kelompok toolbar berikut terdiri dari 10 menu yaitu :
1)      Languange atau Bahasa, berfungsi untuk mengubah bahasa
2)      File
3)      Edit
4)      Tips
5)      About
6)      Duplicate, berfungsi untuk menggandakan objek dalam kolom sprite
7)      Delete, berfungsi untuk menghapus suatu objek dalam kolom sprite
8)      Grow, berfungsi untuk memperbesar suatu objek dalam kolom sprite
9)      Shrink, berfungsi untuk memperkecil suatu objek dalam kolom sprite
10)  Block Help, berfungsi sebagai tips dalam membuat suatu objek dalam kolom sprite

Blocks Palette adalah Blok untuk memprogram spriteBlocks Palette Scripts adalah Blok yang berisi fungsi atau kode perintah untuk memprogram suatu sprite. Script pada program Scratchdivisualisasikan dalam bentuk blok-blok program seperti memasang sebuah puzzle.












Stage adalah Tempat untuk melihat cerita, animasi, atau game yang telah dibuat. Stage terdiri dari dari beberapa komponen berikut :
1)   Sprite, di bagian kanan bawah itu ada sprite 1. Sprite bisa diperbanyak lagi dan di edit sesuai kebutuhan.
2)   Stage Backdrop atau Background, merupakan latar belakang agar games ataupun film animasi yang kita buat bisa lebih menarik.
3)      Green Flag, Untuk Menjalankan script dari cerita yang telah dibuat
4)      Stop Sign, Untuk menghentikan semua script dari sebuah cerita
5)      View Mode, Untuk mengubah stage menjadi besar atau kecil
6)      New  Sprite Button, Membuat sebuah karakter baru atau objek untuk project kita.

BAB III

PENUTUP


Kesimpulan
Scratch merupakan salah satu bahasa pemrograman yang didesain untuk memperkenalkan bahasa pemrograman yang sangat sederhana. Oleh karena itu  scratch ini sering digunakan oleh orang-orang yang baru tahu bahasa pemrograman.
Saran
Penulis berharap agar pengguna scarth dapat mempelajari makalah ini dengan sebaik-baiknya, karena pelajaran ini dibutuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari dan menambah ilmu pengetahuan.

DAFTAR PUSTAKA



TUGAS KE 2 ANIMASI PADA SCRATCH


TUGAS KE 2 ANIMASI PADA SCRATCH


BAB 1
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang

Pada era globalisasi seperti sekarang ini kemajuan teknologi  berkembang sangat pesat dan membantu manusia berinteraksi satu sama lain tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Kemudahan yang diberikan oleh teknologi mencakup berbagai aspek kehidupan, mulai dari bisnis hingga pendidikan. Teknologi sangat berperan penting dalam membantu setiap kebutuhan manusia  salah satunya yaitu komputer.
Scratch merupakan bahasa pemrograman yang didesain untuk memperkenalkan   konsep pemrograman komputer secara sederhana sehingga dapat dipahami oleh siapapun dari berbagai latar belakang. Scratch menampilkan antar muka yang sangat sederhana dan mudah digunakan. Konsep pemrograman scratch divisualisasikan dalam bentuk blok-blok program seperti memasang sebuah puzzle. Scratch dapat digunakan untuk membuat aplikasi, animasi, dan games. Selain itu, Scratch juga memudahkan siswa memahami konsep logika matematika dan komputer.

1.2   Rumusan Masalah

1.Apa itu Scratch ?
2.Apa saja script yang ada di dalam Scratch ?



1.3. Tujuan
Supaya penulis mengerti penggunaan pada Software Scrath dan mengetahui kompone-komponenya.

1.4. Sistematika Penulisan

BAB 1  :    Berisi Tentang pendahuluan, yang terdiri dari Latar Belakang,      Rumusan Masalah, Tujuan, dan Sistematika Penulis.

BAB II  :   Berisi Tinjauan Pustaka

BAB III :   Bab ini berisi kesimpulan dan saran


BAB II
TEORI

2.1. Scratch

SCRATCH adalah aplikasi untuk membuat program animasi dengan menggunakan bahasa code yang sederhana, interaktif dan mudah dipahami. Aplikasi ini dirancang untuk usia 8-13 tahun. Scratch dikembangkan oleh MIT Media Lab dari  Massachusetts Institute of Technology (MIT). Dengan scracth, pemakai bisa membuat program sendiri dengan bantuan aplikasi scratch yang interaktif dan visual.
Contoh Animasi dengan menggunakan Scratch
·       Animasi Nama yang bergerak,
·       Animasi  Virtual Pet,
·       Animasi People Dancing,
·       Animasi Kartu.

2.1.1. Komponen

]
Pada gambar toolbar berikut terdapat beberapa menu atau pilihan seperti Language, File, Edit, Tips, About, Duplicate, Delete, Grow, Shrink dan Block Help berikut penjelasan dan fungsi menu toolbar tersebut.
Kelompok toolbar berikut terdiri dari 10 menu yaitu :
1)      Languange atau Bahasa, berfungsi untuk mengubah bahasa
2)      File
3)      Edit
4)      Tips
5)      About
6)      Duplicate, berfungsi untuk menggandakan objek dalam kolom sprite
7)      Delete, berfungsi untuk menghapus suatu objek dalam kolom sprite
8)      Grow, berfungsi untuk memperbesar suatu objek dalam kolom sprite
9)      Shrink, berfungsi untuk memperkecil suatu objek dalam kolom sprite
10)  Block Help, berfungsi sebagai tips dalam membuat suatu objek dalam kolom sprite

Blocks Palette adalah Blok untuk memprogram spriteBlocks Palette Scripts adalah Blok yang berisi fungsi atau kode perintah untuk memprogram suatu sprite. Script pada program Scratchdivisualisasikan dalam bentuk blok-blok program seperti memasang sebuah puzzle.












Stage adalah Tempat untuk melihat cerita, animasi, atau game yang telah dibuat. Stage terdiri dari dari beberapa komponen berikut :
1)   Sprite, di bagian kanan bawah itu ada sprite 1. Sprite bisa diperbanyak lagi dan di edit sesuai kebutuhan.
2)   Stage Backdrop atau Background, merupakan latar belakang agar games ataupun film animasi yang kita buat bisa lebih menarik.
3)      Green Flag, Untuk Menjalankan script dari cerita yang telah dibuat
4)      Stop Sign, Untuk menghentikan semua script dari sebuah cerita
5)      View Mode, Untuk mengubah stage menjadi besar atau kecil
6)      New  Sprite Button, Membuat sebuah karakter baru atau objek untuk project kita.

BAB III

PENUTUP


Kesimpulan
Scratch merupakan salah satu bahasa pemrograman yang didesain untuk memperkenalkan bahasa pemrograman yang sangat sederhana. Oleh karena itu  scratch ini sering digunakan oleh orang-orang yang baru tahu bahasa pemrograman.
Saran
Penulis berharap agar pengguna scarth dapat mempelajari makalah ini dengan sebaik-baiknya, karena pelajaran ini dibutuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari dan menambah ilmu pengetahuan.

DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar